Pengertian Ekonomi Syariah, Dasar Hukum dan Tujuannya

Pengertian Ekonomi Syariah, Dasar Hukum dan Tujuannya

Pengertian Ekonomi Syariah, Dasar Hukum dan Tujuannya

Pengertian Ekonomi Syariah, Dasar Hukum dan Tujuannya
Pengertian Ekonomi Syariah, Dasar Hukum dan Tujuannya

Monzer Kahf

Dalam bukunya yang berjudul The Islamic Economy, Monzer Kahf menyatakan bahwa pengertian ekonomi Islam yakni cuilan dari ilmu ekonomi yang bersifat interdisipliner dalam arti kajian ekonomi syariah tidak sanggup berdiri sendiri, tetapi perlu penguasaan yang baik dan mendalam terhadap ilmu-ilmu syariah dan ilmu-ilmu pendukungnya juga terhadap ilmu-ilmu yang berfungsi sebagai tool of analysis ibarat matematika, statistik, budi dan ushul fiqih.

M.A. Mannan

Menurut M.A. Mannan, Ilmu ekonomi syariah yakni suatu ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat yang diilhami oleh nilai-nilai islam.

Muhammad Abdullah Al-Arabi (1980:11)

Menurut Muhammad Abdullah Al-Arabi, Ekonomi Syariah yakni sekumpulan dasar-dasar umum ekonomi yang kita simpulkan dari Al Qur’an dan As-sunnah, dan merupakan bangunan perekonomian yang kita dirikan di atas landasan dasar-dasar tersebut sesuai dengan tiap lingkungan dan masa.

Dasar Hukum Ekonomi Syariah

Adapun dasar aturan dari ekonomi syariah yaitu:

Al-Qur’an

Al-Quran intinya merupakan wahyu dari Allah yang diberikan pada Nabi Muhammad untuk membimbing umat insan alasannya dalam Al-Qur’an semua jawaban atas permasalahan yang ada niscaya ada, mulai dari kehidupan sehari-hari hingga ekonomipun ada.

Hadist

Hadist yakni suatu hal yang berasal dari Nabi Muhammad saw, baik berupa perkataan, sikap dan tindakannya.

Ijma’

Ijma’ yakni pendapat atau fatwa-fatwa dari para ulama yang telah disepakati bersama dan tentunya tetap berlandaskan pada Al-Qur’an.

Ijtihad dan qiyas

Ijtihad yakni salah satu acara yang dilakukan para ulama untuk melaksanakan musyawarah guna memecahkan insiden yang muncul dalam masyarakat.

Tujuan Ekonomi Syariah

Tujuan ekonomi syariah sama dengan tujuan syariat islam sendiri yaitu untuk mencapai kebahagiaan dunia dan alam abadi melalui suatu tata kehidupan yang baik dan terhormat. Lebih lengkapnya, tujuam ekonomi syariah yaitu:
Menempatkan ibadah kepada Allah lebih dari segalanya. Menyeimbangkan kehidupan dunia dan akhirat.
Meraih kesuksesan perekonomian yang diperintahkan Allah Menghindari kekacauan dan kerusuhan Seorang fuqaha dari Mesir berjulukan Prof. Muhammad Abu Zahrah menyampaikan bahwa terdapat 3 target aturan islam yang memperlihatkan bahwa islam diturunkan sebagai rahmat bagi seluruh umat insan yaitu:

Penyucian jiwa semoga setiap muslim sanggup menjadi sumber kebaikan bagi masyarakat dan lingkungannya.
Tegaknya keadilan dalam masyarakat. Keadilan yang dimaksud meliputi aspek kehidupan di bidang aturan dan muamalah.
Tercapainya maslahah (puncaknya). Para ulama menyepakati bahwa maslahah yang menjadi puncak target di atas meliputi lima jaminan dasar, yakni : keselamatan keyakinan agama (al din), kesalamatan jiwa (al nafs), keselamatan budi (al aql), keselamatan keluarga dan keturunan (al nasl) dan keselamatan harta benda (al mal).

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/06/unsur-unsur-seni-rupa-dan-penjelasannya.html