Pendidikan Perikanan

PENGERTIAN  GEOGRAFI

PENGERTIAN  GEOGRAFI

PENGERTIAN  GEOGRAFIPENGERTIAN  GEOGRAFI

Geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu geo yang berarti bumi dan graphein yang berarti lukisan atau tulisan . Berdasarkan asal kata tersebut, geografi merupakan ilmu pengetahuan yang menuliskan, menguraikan, atau mendeskripsikan hal-hal yang berhubungan dengan bumi.

Istilah geografi untuk pertama kalinya dipekenalkan oleh eratostenes pada abad ke 1 menurut Eratostenes geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bumi . Oleh karena itu ,eratosthenes dianggap sebagai peletak dasar pengetahuan geografi .

Perkembangan perumusan tentang geografi pada kenyataannya menyangkut isi dan maknanya. Dibawah ini beberapa pendapat pakar tentang pengertian geografi:

  1. Immanuel kant (1724-1821) geografi adalah ilmu yang objek studinya adalah benda-benda,hal-hal atau gejala-gejala atau fenomena yang tersebar dalam wilayah di permukaan bumi .

Contoh :geografi mempelajari fenomena terjadinya gempa bumi .

  1. Elsworth Huntington (1876-1974) dalam bukunya (the pulse of the earth) ,geografi adalah study tentang fenomena permukaan bumi beserta penduduk yang menghuninya.

»geografi mempelajari penduduk yang menghuninya contohnya: geografi mempelajari tentang terjadinya perpindahan penduduk seperti halnya urbanisasi

  1. Menurut Alexander (1963) Geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam pada aktivitas manusia.

Contoh :geografi mempelajari bentuk pemukiman warga yang memanjang akibat mengikuti alur sungai .

  1. RUANG LINGKUP GEOGRAFI

Dalam bukunya scope of geography ,Rhoard Murphey merumuskan tiga pokok ruang lingkup studi geografi ,yaitu sebagai berikut :

  1. Pesebaran dan keterbatasan penduduk dimuka bumi dengan sejumlah aspek keruangan serta begaimana manusia memanfaatkannya .
  2. Interaksi antara manusia dan lingkungan fisik merupakan salah satu bagian dari keragaman wilayah.
  3. Kajian terhadap region atau wilayah .
  1. MANFAAT TERAPAN GEOGRAFI

Nilai terapan dari geografi sangat dihargai selama PD II karena kemampuan para ahli geografi untuk menyediakan informasi mengenai negara-negara lain, keahlian kartografi serta fotogrametrik mereka banyak dipakai dalam dunia intelijen. Sejak tahun 1950an, peran geografi dalam pengumpulan data dan analisisnya dipakai pula sebagai pedoman dalam menyiapkan rencana pembangunan kota dan kawasan, dan beberapa perkembangan teknisnya diarahkan untuk tujuan praktis. Para ahli geografi memakai aneka metode dan orientasi positif untuk mencari pemecah dari sekian masalah yang telah ditemukan.

Sumber :

https://cialis.id/spacex-akan-luncurkan-komputer-super-ke-luar-angkasa/

Similar Posts