Pengertian hasil belajar menurut para ahli

Pengertian hasil belajar menurut para ahli

Pengertian hasil belajar menurut para ahli

Pengertian hasil belajar menurut para ahli
Pengertian hasil belajar menurut para ahli

Sebenarnya ada banyak pengertian Hasil belajar yang dikemukakan oleh para ahli.
Namun dalam kesempatan ini saya hanya membagikan pengertian oleh para ahli yang lebih terkenal dan banyak disukai oleh banyak orang.
Untuk mengetahui pengertian hasil belajar yang sebenarnya kita harus melihat dulu pengertian belajar menurut para ahli seperti berikut:

Daryanto (2010:2)

belajar adalah suatu proses usahan yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Djamarah (2008:13)

mengatakan bahwa belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotor.

Slameto (2010:2)

belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya

Fathurrohman dan Sutikno (2010:6)

belajar adalah perubahan yang terjadi di dalam diri seseorang setelah melakukan aktivitas tertentu.

Syah (2010:90)

belajar adalah tahapan perubahan seluruh tingkah laku individu yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif.

Uno (2011:15)

belajar adalah proses perubahan perilaku seseorang setelah mempelajari suatu objek (pengetahuan, sikap, atau keterampilan) tertentu.

Yamin (2007:168)

belajar merupakan perubahan perilaku seseorang melalui latihan dan pengalaman, seseorang belajar tidak ditentukan oleh kekuatan-kekuatan yang datang dari dalam dirinya atau oleh stimulus-stimulus yang datang dari lingkungan, akan tetapi merupakan interaksi timbal balik dari determinan-determinan individu dan determinan-determinan lingkungan.

Hamalik (2011:27)

Belajar merupakan suatu proses, suatu kegiatan, dan bukan suatu hasil atau tujuan.

Purwanto (2011:38)

belajar adalah proses dalam diri individu yang berinteraksi dengan lingkungan untuk mendapatkan perubahan dalam perilaku.
Berdasarkan beberapa pendapat para ahli tersebut, dapat dikemukan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan dalam diri individu sebagai hasil interaksi dengan lingkungan sekitar.

Setelah mengetahui pengertian belajar maka kita akan melihat pengertian hasil belajar oleh para ahli seperti berikut :

Purwanto (2011:46)

hasil belajar adalah perubahan perilaku peserta didik akibat belajar. Perubahan perilaku disebabkan karena dia mencapai penguasaan atas sejumlah bahan yang diberikan dalam proses belajar mengajar. Lebih lanjut lagi ia mengatakan bahwa hasil belajar dapat berupa perubahan dalam aspekkognitif, afektif dan psikomotorik.

Sudjana (2003:3)

mengemukakan bahwa hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dimiliki oleh siswa setelah menerima pengalaman belajar.

Hamalik (2003:155)

hasil belajar adalah sebagai terjadinya perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dapat di amati dan di ukur bentuk pengetahuan, sikap dan keterampilan. Perubahan tersebut dapat di artikan sebagai terjadinya peningkatan dan pengembangan yang lebih baik sebelumnya yang tidak tahu menjadi tahu.

Berdasarkan pendapat-pendapat yang telah dipaparkan di atas, maka dapat dikemukakan bahwa hasil belajar adalah perubahan perilaku pada diri seseorang akibat tindak belajar yang mencakup aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik.

Baca juga: