Agama

Pengertian Khiyar & Dasar Hukum Khiyar

Pengertian Khiyar & Dasar Hukum Khiyar

Pengertian Khiyar & Dasar Hukum Khiyar

Pengertian Khiyar & Dasar Hukum Khiyar
Pengertian Khiyar & Dasar Hukum Khiyar

 

Pengertian Khiyar

Khiyar menurut arti harfiahnya ialah memilih mana yang lebih baik dari dua hal atau lebih. Dalam akad, khiyar berarti hak memilih bagi pihak-pihak bersangkutan utnuk melangsungkan atau tidak melangsungkan akad yang telah diadakan bila hal dimaksudkan menyangkut Khiyar syarat, khiyar rukyat atau Khiyar cacat. Khiyar berarti hak memiliki anatara barang-barang yagn diperjualbelikan bila hal dimaksud menyangkut penentuan barang yang akan dibeli (khiyar ta’yin).
Hak khiyar dimaksudkan guna menjamin agar akad yang diadakan benar-benar terjadi atas kerelaan penuh pihak-pihak bersangkutan karena sukarela itu merupakan asas bagi sahnya suatu akad.

Dasar Hukum Khiyar

1. Al-Qur’an

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil kecuali dengan jalan perniagaan berlaku dengan suka sama suka diantara kamu.” (An-Nisa’ : 29).

2. Al-Hadist

الْبَيِّعَانِ بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا أَوْ حَتَّى يَتَفَرَّقَا فَإِنْ صَدَقَا وَبَيَّنَا بُورِكَ لَهُمَا فِي بَيْعِهِمَا وَإِنْ كَتَمَا وَكَذَبَا مُحِقَتْ بَرَكَةُ بَيْعِهِمَا

Artinya:” Dua orang yang melakukan jual beli boleh melakukan khiyar selama belum berpisah. Jika keduanya benar dan jelas maka keduanya diberkahi dalam jual beli mereka. Jika mereka menyembunyikan dan berdusta, maka akan dimusnahkanlah keberkahan jual beli mereka”. (HR. Bukhori Muslim)

3. Ijma’ Ulama

Menurut Abdurrahman al-jaziri status khiyar dalam pandangan ulama fiqh adalah disyariatkan atau dibolehkan, karena suatu keperluan yang mendesak dalam mempertimbangkan kemaslahatan masing-masing pihak yang melakukan transaksi. Di abad modern yang serba canggih, dimana sistem jual beli semakin mudah dan praktis, masalah khiyar ini tetap diberlakukan, hanya tidak menggunakan kata-kata Khiyar dalam mempromosikan barang-barang yang dijualnya, tetapi dengan ungkapan singkat dan menarik, misalnya:” Teliti sebelum membeli”. Ini berarti bahwa pembeli diberi hak Khiyar (memilih) dengan hati-hati dan cermat dalam menjatuhkan pilihannya untuk membeli, sehingga ia merasa puas terhadap barang yang benar-benar ia inginkan.

Sumber: dutadakwah.org

Similar Posts