Pendidikan

PENGERTIAN SOSIOLOGI AGAMA MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN SOSIOLOGI AGAMA MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN SOSIOLOGI AGAMA MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN SOSIOLOGI AGAMA MENURUT PARA AHLI

Berbagai penjelasan mengenai sosiologi agama menurut pandangan para ahli antara lain:

DILLON

Pengertian sosiologi agama dalam pandangannya, bahwa sosiologi agama adalah upaya sosiolog dalam mendeskripsikan, memahami, serta menjelaskan bagaimana cara agama berlaku dalam masyarakat.

DAVIE

Memberikan pengertian bahwa sosiologi agama merupakan disiplin ilmu yang fokus terhadap agama, yang hanya sejauh hubungan agama dengan konteks sosial di mana agama itu hidup dan berkembang.

DRS. D. HENDROPUSPITO, O.C

Definisi sosiologi agama bahwa sosiologi agama adalah cabang sosiologi umum yang mempelajari masyarakat agama secara sosiologis untuk mencapai keterangan ilmiah antara kepentingan masyarakat agama dan masyarakat luas pada umumnya.

H.GODDIJN-W.GODDIJN

Arti sosiologi agama adalah bagian dari sosiologi umum yang mempelajari ilmu budaya empiris, profan, dan positif untuk kemudian didorong kepada pengetahuan umum.

W.E.B. DU BOIS

Pemahaman sosiologi agama adalah upaya mempelajari berbagai institusi dalam agama yang diorganisasikan sebagai pusat komunal, sehingga menyediakan imbalan-imbalan dan kesejahteraan umat.

J.WACH

Menurutnya, secara luas, sosiologi agama sebagai suatu studi tentang interelasi dari agama dan masyarakat serta bentuk-bentuk interaksi yang terjadi antar mereka.

Berdasarkan beberapa pengertian tentang sosiologi menurut para ahli “Agama” di atas, bisa disimpulkan secara umum bahwa sosiologi agama pada dasarnya melakukan fokus pengkajian paling utamanya ialah untuk memahami makna yang diberikan oleh masyarakat pada sistem agamanya.


Sumber: https://theonlinestate.com/robot-evolved-apk/

Similar Posts