Penjelasan Shalat Qashar

Penjelasan Shalat Qashar

Penjelasan Shalat Qashar

Penjelasan Shalat Qashar
Penjelasan Shalat Qashar

Shalat Qashar

Shalat qashar berarti meringkas. Rukhsah shalat qasar ialah meringkas 4 rakaat menjadi 2 rakaat. Contoh, shalat dzuhur dikerjakan 2 rakaat, begitupun shalat ashar dan isya. Shalat yang dapat di qashar hanyalah shalat dengan jumlah 4 rakaat yaitu shalat dhuhur, ashar, dan isya’, sedangkan untuk shalat maghrib dan subuh tidak dapat di qashar.

Allah berfirman dalam al Qur’an surat An Nisa ayat 101 yang artinya: “Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidak mengapa kamu menqashar shalatmu, jika kamu takut diserang orang-orang kafir, sesungguhnya orang-orang kafir itu musuh yang nyata bagimu,” Q.S.(An Nisa: 101)

Diriwayatkan oleh Ahmad, Muslim, dan Abu Dawud dari Yahya bin Mazid r.a. katanya:
“Saya telah bertanya kepada Anas tentang mengqashar shalat. Jawabnya: Rasulullah s.a.w. “Apabila ia berjalan jauh 3 mil atau 33 farskah (25,92 km), maka beliau shalat dua rakaat”

Dalam keterangan lain disebutkan bahwa Umar r.a. bertanya kepada Rasulullah s.a.w. :”Apakah halnya kita, sedangkan kita telah aman”.
Rasulullah s.a.w. menjawab: “Itu adalah sedekah yang diberikan Allah s.w.t. kepada kamu, maka terimalah sedekah-Nya itu” (HR Ja’la bin Umayyah)

Niat Shalat Qashar

اُصَلِّى فَرْضَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ قَصْرًا اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli farduzh dzuhri rok’ataini qashar adaan lillahi ta’ala

“Aku niat shalat fardhu dhuhur 2 rakaat secara qashar karena Allah”

Shalat qashar boleh dikerjakan oleh seseorang yang sedang bepergian (musafir) baik dalam keadaan aman, maupun dalam keadaan tidak aman (ketakutan); baik perjalanan wajib maupunmaupun, asalkan bukan perjalanan untuk kemaksiatan. Dalam perjalanan Haji, menuntut ilmu, berdagang, mengunjungi sahabat (silaturrahmi) dan lain-lain, maka boleh untuk mengerjakan sholat qashar.

Adapun shalat qashar saja, maupun qasahar dan jama’ yang dilakukan seseorang selama dalam masa perjalanan, maka setelah sampai dirumah shalatnya tidak perlu diulangi lagi.

Seorang musafir, boleh mengerjakan jama’ dan qashar sekaligus. Apabila ingin mengerjakan jama’ dan qashar, jika ingin adzan, maka adzannya cukup sekali saja dan iqamahnya dua kali. Caranya, sebelum mengerjakan shalat jama’ qashar yang pertama kumandangkan adzan dan kemudian kumandangkan iqamah, setelah selesai iqomah maka kerjakan shalat jama’ qashar yang pertama. dan jika sudah selesai shalat pertama kembali iqamah lagi untuk mengerjakan shalat jama’ qashar yang kedua.

Shalat Jama’ Qashar

Betapa Maha Pemurah Allah S.W.T. Selain memperbolehkan hambanya menjamak atau mengqashar ibadah shalatnya. Allah juga mengizinkan kita untuk mengerjakan shalat jamak qashar, yakni digabung dan diringkas. Artinya kita mengerjakan 2 shalat fardhu dalam satu waktu dan juga meringkasnya. Shalat jama’ qashar bisa dilakukan secara takdim maupun takhir.

Niat shalat qashar dan jamak taqdim

أصلي فرض الظهر جمع تقديم بالعصر قصرا ركعتين لله تعالي

Ushallii fardhazh dhuhri jam’a taqdiimin bil ‘ashri qashran rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

“Aku berniat shalat fardhu dhuhur jama’ taqdim dengan ashar qashar 2 rakaat karena Allah ta’ala.”

Niat shalat qashar dan jamak ta’khir

أصلي فرض الظهر جمع تأخير بالعصر قصرا ركعتين لله تعالي

Ushallii fardhazh dhuhri jam’a takhiirin bil ‘ashri qashran rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

“Aku berniat shalat fardhu dhuhur jama’ takhir dengan ashar qashar 2 rakaat karena Allah ta’ala.”

Syarat-Syarat Sah Shalat Jama’, Qashar dan Jama’ Qashar

Shalat jama’ dan qashar memang diperuntukkan bagi ummat muslim yang sedang melakukan perjalanan jauh atau karena halangan lain sehingga tidak dapat mengerjakan shalat fardhu tepat pada waktunya. Hal ini meliputi:

Melakukan perjalanan jauh minimal 81 kilometer (sesuai kesepakatan para ulama)
Perjalanan tidak bertujuan untuk hal negatif atau berbuat dosa
Sedang dalam keadaan bahaya; hujan lebat disertai angin kencang, perang atau bencana lainnya.

Sumber: https://www.dutadakwah.co.id/bacaan-teks-khutbah-nikah-bahasa-arab-latin-dan-terjemahannya/