Pendidikan

Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak

Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak

Penjualan angsuran aktiva tetap adalah penjualan aktiva tetap seperti tanah, bangunan dan sejenisnya yang pembayarannya dilakukan secara bertahap dalam jumlah dan waktu yang telah ditentukan. Biasanya pembayaran angsuran ini mempunyai tata aturan atau persyaratan sebagai berikut :

a). Adanya down payment atau uang muka

b). Pembayaran uang tunai secara periodik sebagai pembayaran angsuran

Pengakuan keuntungan atau laba kotor penjualan angsuran pada penjualan angsuran aktiva tetap dapat dilakukan dengan dua metode yaitu laba kotor diakui pada periode penjualan dan laba kotor diakui secara proporsional sejalan dengan penerimaan kas

Contoh :

PT SENTANA perusahaan jual beli harta tak bergerak, menjual rumah kepada Hartono Rp 2.500.000. HPP rumah Rp 1.500.000 pembayaran pertama Rp 500.000. untuk menjamin keamanan pemilikan PT SENTANA & Hartono setuju untuk menghipotik sebesar Rp 2.000.000. Akte hipotik tanggal 1 september 1980, dibayar dalam jangka waktu 5 th dengan pembayaran ½ tahun @ Rp 200.000. Bunga hipotik 12% setahun, komisi dan biaya lainnya Rp 50.000 dibayar tunai oleh PT SENTANA.

Jurnal yang diperlukan untuk mencatat transaksi-transaksi tersebut pada tahun 1980 dan 1981 dalam buku-buku PT SENTANA, menurut kedua metode tersebut di atas adalah sebagai berikut:

Penjualan angsuran untuk barang tak bergerak

sumber :
https://situsiphone.com/seva-mobil-bekas/

Similar Posts