Peranan Teknologi dalam Proses Pengajaran dan Pendidikan

Peranan Teknologi dalam Proses Pengajaran dan Pendidikan

Peranan Teknologi dalam Proses Pengajaran dan Pendidikan

Peranan Teknologi dalam Proses Pengajaran dan Pendidikan

Pendidikan dalam perkembangannya

memperhatikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pendidikan dapat diselenggarakan melalui dua jalur yaitu pendidikan sekolah dan pendidikan luar sekolah. Dalam dunia pendidikan dan pengajaran tidak dapat lepas dari proses belajar mengajar.
Kualitas belajar mengajar akan dapat mempengaruhi mutu pendidikan. Dalam meningkatkan kualitas belajar mengajar ditentukan oleh guru dan siswa itu sendiri sebagai subjek atau pelaku dalam proses belajar mengajar. Pentingnya kualitas belajar mengajar membawa konsekuensi kepada guru untuk meningkatkan peranan dan kompetensinya karena proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa sebagian besar ditentukan oleh guru sebagai fasilitatornya. Pendidik atau guru sebagai pengajar dituntut untuk mampu menyampaikan materi dengan baik dan mampu mengaktifkan proses belajar mengajar Proses belajar mengajar merupakan proses dua arah yang tak mungkin dipisahkan. Dalam proses tersebut guru menyampaikan suatu materi yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dengan maksud membelajarkan siswa.
Dalam suatu proses belajar mengajar terdapat beberapa factor yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran. Faktor-faktor yang dimaksud antara lain minat siswa, media pembelajaran, pendekatan dalam mengajar, metode dalam mengajar dan sebagainya.
Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat telah melahirkan komputer, yaitu seperangkat alat canggih yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan manusia. Dengan menggunakan komputer dapat dijalankan beberapa program untuk membuat media pembelajaran antara lain MS. powerpoint.

MS. powerpoint merupakan seperangkat program yang diciptakan secara profesional untuk presentasi dan menampilkan slide. Dengan MS. powerpoint dapat ditampilkan suatu animasi yang dapat menarik minat siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar. Selain itu diharapkan dengan program ini dapat mempermudah pemahaman siswa tentang konsep dari suatu pokok bahasan materi.


Sumber: https://civitas.uns.ac.id/kasiono/seva-mobil-bekas/