Teknologi

Pertumbuhan Kecerdasan Buatan di Dunia E-Commerce

Pertumbuhan Kecerdasan Buatan di Dunia E-Commerce

Pertumbuhan Kecerdasan Buatan di Dunia E-Commerce

Kecerdasan Buatan di E-Commerce – Infrastruktur internet di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami kemajuan yang signifikan. Infrastruktur yang semakin maju ini membuat pengguna internet semakin mendapatkan kemudahan serta kebebasan untuk mengakses segala apa yang mereka butuhkan. Pengguna internet yang dari tahun ke tahun semakin bertambah ini pun menjadikan mereka sebagai pasar potensial bagi para entrepreneur untuk menjalankan bisnis mereka. Oleh sebab itu, dalam beberapa tahun terakhir ini, kita dapat melihat toko online semakin banyak bermunculan. Hm, tentunya Anda pernah menjadi salah satu pembeli di toko online bukan?

Kecerdasan Buatan di E-Commers

Dimulai dari menciptakan pengalaman belanja pribadi hingga menawarkan asisten pembelian virtual – AI berusaha untuk meningkatkan pengalaman belanja online bagi konsumen dan pengecer. Pembeli akan dapat dengan mudah menemukan harga terbaik untuk item dan berkomunikasi dengan chatbots untuk layanan pelanggan yang cepat. Untuk pengecer, mereka akan dapat lebih menganalisis data konsumen untuk memprediksi pola pembelian masa depan, menciptakan sistem pengisian otonom dan juga menghemat uang dan waktu pada layanan pelanggan dengan memanfaatkan chatbots. Nah, seperti apa AI itu sendiri, mari kita bahas.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, AI (Artificial Intellegence) adalah sebuah sistem yang mempermudah toko online untuk menganalisa data, membantu retail untuk semakin dekat dengan konsumen dan menciptakan pengalaman membeli yang lebih baik. AI memiliki sejumlah kelebihan daripada sistem lainnya yaitu:
Baca Juga Pengembangan Teknologi Autentikasi Wajah Apple

Memberikan pelayanan kepada konsumen dengan lebih baik

Untuk toko online, mencapai sebuah pelayanan kepada konsumen

dengan lebih baik adalah kunci kesuksesan. Dengan AI system, teknologi ini membantu pemilik toko online untuk memberikan pesan kepada pelanggan. Teknologi ini juga dapat menganalisa apa saja yang sudah konsumen lakukan dan dapat memprediksi apa yang akan konsumen lakukan selanjutnya.

Menciptakan asisten pembelian virtual

AI dapat digunakan untuk menjadi asisten pembelian untuk mendeteksi harga paling rendah, mengecek apakah pesanan anda sesuai dengan tanggal dan jadwal dan mengingatkan Anda apabila pesanan Anda sudah sampai.

Membuat percakapan dan mengimprovisasi pemenuhan pesanan

AI menggunakan chatbox dapat membuat percakapan dan menjawab pertanyaan

dari konsumen. Selain itu, chatbox juga dapat menyampaikan pesan Anda kepada orang dari toko online yang berkepentingan untuk segera dijawab.

Menganaliisa data besar

Dengan dukungan IBM milik Watson, AI dapat menganalisa

data untuk mengkorelasikan data yang tersturtur maupun yang tidak terstruktur. Selain itu dapat mempelajari barang apa yang paling diminati oleh pembeli berdasarkan usia, daerah dan kategori. Sistem ini jelas memberikan manfaat pada marketing untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

 

sumber :

https://rollingstone.co.id/seva-mobil-bekas/

Similar Posts