Pendidikan

Proses Ornanisasi

F.    Proses Ornanisasi

Menurut Stoner (1996) langkah-langkah dalam proses pengorganisasian terdiri dari lima langkah:

  1. Merinci seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan organisasi
  2. Membagi beban kerja ke dalam kegiatan-kegiatan yang secara logis dan memadai dapat dilakukan oleh seseorang atau oleh sekelompok orang.
  3. Mengkombinasi pekerjaan anggota perusahaan dengan cara yang logis dan efisien
  4. Penetapan mekanisme untuk mengkoordinasi pekerjaan anggota organisasi dalam satu kesatuan yang harmonis
  5. Memantau efektivitas organisasi dan mengambil langkah-langkah penyesuaian untuk mempertahankan atau meningkatkan efektivitas.

Menurut T Hani Handoko (1999) proses pengorganisasian dapat ditunjukkan dengan tiga langkah prosedur sebagai berikut:

  1. Pemerincian seluruh kegiatan yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan organisasi.
  2. Pembagian beban pekerjaan total menjadi kegiatan-kegiatan yang secara logis dapat dilaksanakan oleh satu orang. Pembagian kerja ini sebaiknya tidak terlalu berat juga tidak terlalu ringan.
  3. Pengadaan dan pengembangan suatu mekanisme untuk mengkoordinasikan pekerjaan para anggota organisasi menjadi kesatuan yang terpadu dan harmonis.

G.   Mengembangkan Efektifitas Organisasi

pendekatan pengembangan organisasi (Organization development approach) dimaksukan untuk menggerakkan seluruh organisasi agar berfungsi pada tingkat yang lebih tinggi sambil meningkatkan prestasi kerja dan kepuasan para anggota organisasi.

Sebagai konsep formal, pengembangan organisasi belum memiliki definisi yang tetap, terutama karena merupakan label yang cocok untuk berbagai aktivitas. Kutipan Gibson dari The Laboratory Approach to Organization Development atas Alexander Winn (1580:430) menunjukan definisi pengembangan organisasi sebagai berikut.

Istilah pengembangan organisasi mengandung arti suatu strategi normative, redukasi yang dimaksud untuk mempengaruhi system kepercayaan, nilai, dan sikap didalam organisasi sehingga organiasi tersebut lebih mampu menyesuiaikan diri dengan tingkat perubahan yang cepat dalam teknologi. Dalam lingkungan industri dan masysrakat pada umumnya. Penembangan organisasi mencakup juga penyusunan kembali struktur organisasi yang seringkali dimulai, dimudahkan ,dan dilakukan oleh perubahan normative dan keperilakuan.

sumber :

https://twelvetribesonline.com/car-driving-academy-apk/

Similar Posts