Ragam Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan

Ragam Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan

Apotekpurwosarifarma.co.id – Selain rasanya yang menyegarkan tubuh, nyatanya air kelapa muda memiliki ragam manfaat baik bagi kesehatan. Berikut Ragam Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan yang harus kamu ketahui.

Air kelapa muda sangat cocok dikonsumsi saat sedang beraktivitas berat dan mengeluarkan banyak keringat.

Itu dikarenakan air kelapa memiliki kandungan elektrolit dan mineral, sehingga dapat memulihkan dan mengganti cairan dalam tubuh yang terkuras karena aktivitas yang padat.

Buah yang satu ini dapat kita jumpai didaerah – daerah tropis salah satunya di Indonesia. Masyarakatpun kerap mengkonsumsi air kelapa muda ini saat cuaca sedang panas atau terik.

Namun selain menyegarkan tubuh, tahukah kamu bahwa mengkonsumsi air kelapa muda memiliki ragam manfaat yang baik bagi kesehatan?

Jika kamu belum mengetahui apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dari minum air kelapa ini, maka berikut dibawah ini ulasan lengkapnya.

Kandungan Nutrisi Pada Air Kelapa Muda

Sebelum kamu mengetahui ragam manfaatnya, ada baiknya jika kamu terlebih dahulu tau apa saja kandungan nutrisi yang ada dalam air kelapa muda ini.

Baca juga : Ragam Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan Yang Diantaranya Dapat

Air kelapa memiliki kandungan elektrolit, mineral, dan vitamin. Selain itu terdapat juga gula dan karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak didalamnya.

Dilansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram air kelapa memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Energi: 17 Kalori (Kal)
  • Protein: 0.2 g
  • Lemak : 0.1 g
  • Karbohidrat: 3.8 g
  • Kalsium: 15 miligram (mg)
  • Fosfor: 8 mg
  • Besi: 0.2 mg
  • Natrium: 1 mg
  • Kalium: 149 mg

Kandungan kalium yang dimiliki oleh air kelapa muda lebih tinggi dibandingkan dengan minuman olahraga yang diformulasi.

Sementara itu, kandungan lain dalam air kelapa yang terdiri dari kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan seng lebih baik dibandingkan dengan kandungan mineral dalam jeruk.

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan

Selain enak dan dapat menghilangkan rasa haus serta dapat mencegah dehidrasi, minum air kelapa muda juga dapat mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut ini beberapa manfaat dari air kelapa muda yang bisa kita peroleh dengan mengkonsumsinya secara rutin. manfaatnya sebagai berikut:

1. Memperlambat penuaan

Kandungan sitokinin pada air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Baca juga : Peranan Penting Bawang Putih Untuk Kesehatan

Nah, bagi kamu yang ingin awet muda minum air kelapa bisa menjadi pilihan dan salah satu cara yang ampuh lho.

2. Mengatur tekanan darah dan kolesterol

Kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung serta stroke.

Di samping itu, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam tubuh kita.

3. Baik untuk kesehatan pencernaan

Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Saat kamu terkena diare, minum air kelapa muda ampuh menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal.

4. Mencegah penyakit batu ginjal

Penelitian berjudul Prophylactic Effect of Coconut Water yang dilakukan pada tikus, menunjukkan air kelapa ternyata bisa mencegah kristal menempel pada ginjal dan saluran kemih.

Hal ini dikarenakan, air kelapa dapat meminimalisir radikal bebas yang terbentuk akibat tingginya kadar oksalat di dalam urine.

5. Mendukung fungsi organ tubuh

Asam amino membantu pembentukan protein sehingga bermanfaat untuk regenerasi sel-sel pada organ tubuh.

Dan untuk kandungan enzim yang ada di dalam air kelapa juga membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.

6. Menghalau radikal bebas

Peneliti menemukan bahwa antioksidan yang terdapat pada air kelapa berkhasiat untuk meredakan efek stres oksidatif ini sehingga mampu menangkal zat radikal yang berbahaya.

7. Menggantikan cairan tubuh yang hilang

Air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang memberi manfaat dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga dan beraktivitas berat.

8. Menurunkan berat badan

Kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah berfungsi sebagai obat penurun berat badan yang tidak menimbulkan efek samping.

Kesimpulan

Bila kamu minum air kelapa terlalu banyak atau berlebihan dan akhirnya memengaruhi kadar kalium dalam tubuh, kamu bisa saja mengalami beberapa gejala seperti: sakit perut, napas yang terengah-engah dll.

Jika itu terjadi ada baiknya jika kamu menghentikan mengkonsumsi air kelapa muda ini. Dan jika terjadi gejala lebih serius langsung periksakan ke dokter terdekat.

Demikian ulasan lengkap mengenai Ragam Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan, semoga dengan pembahasan ini dapat membantu dan menambah wawasan kita semua.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.