Ragam Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan Yang Diantaranya Dapat Mengatasi Kanker

Ragam Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan Yang Diantaranya Dapat Mengatasi Kanker

Apotekpurwosarifarma.co.id – Mungkin banyak dari kita yang tidak mengetahui manfaat tanaman ini, ternyata kapulaga merupakan tanaman herbal yang cukup ampuh. Ragam Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan Yang Diantaranya Dapat Mengatasi Kanker.

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil rempah-rempah terbaik di dunia. Dan salah satunya adalah tanaman kapulaga yang pada umumnya di jadikan sebagai bumbu masakan.

Kapulaga adalah tanaman asli dari Asia yakni, Nepal, Pakistan, Bhutan, India, Bangladesh dan Indonesia. Biji kapulaga sangat mudah dikenali dari biji polongnya yang kecil berwarna hitam dengan kulit luar yang tipis.

Untuk jenisnya sendiri, menurut informasi yang didapat dari Bumbu, Penyedap dan Penyerta Masakan Indonesia terdapat dua macam kapulaga yang banyak oleh masyarakat Indonesia.

Sebelum membaca artikel ini mungkin kalian tidak mengetahui akan beberapa manfaat dari tanaman ini yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih dalam informasinya mari kita simak bersama pembahasan lengkapnya yang akan kami sajikan dibawah ini.

Kandungan Nutrisi Kapulaga

Pada setiap biji kapulaga terdapat kandungan vitamin, mineral serta serat yang memadai. Selain itu biji tanaman tersebut rendah kalori dan lemak.

Dikutip dari katadata.co.id, pada satu sendok makan kapulaga maka tersimpan beberapa kandungan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh, antara lain sebagai berikut:

Jika dilihat dari kandungan nutrisi pada kapulaga seperti diatas, tentunya yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Adapun manfaatnya untuk kesehatan, mari lanjutkan pembahasannya di bawah ini.

Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan Tubuh

Melawan pertumbuhan sel kanker

Manfaat yang pertama adalah mampu melawan pertumbuhan sel kanker yang sangat berbahaya. Pada setiap satu sendok makan tanaman ini terdapat enzim dan sel imun yang berguna melawan sel kanker.

Mencegah bau mulut dan mengobati gigi berlubang

Ketida Anda mengalami bau mulut, maka solusinya adalah dengan mengunyah kapulaga. Dengan seperti itu bau mulut pun akan hilang serta napas menjadi segar.

Ini terjadi karenya adanya senyawa antibakteri yang terkandung dalam kapulaga. Dan selain dari menyegarkan nafas juga dipercaya sangat efektif untuk mencegah gigi berlubang.

Baca Juga: Peranan Penting Bawang Putih Untuk Kesehatan

Obat infeksi bakteri

Manfaat selanjutnya adalah dapat di gunakan sebagai obat infeksi karena bakteri. Pada kapulaga terdapat senyawa anti bakteri dan senyawa lainnya seperti E. coli, Staphylococcus, Salmonella dan Campylobacter.

Memperlancar pencernaan

Menurut penelitian para ahli, menjelaskan jika ekstrak kapulaga yang di campur dengan tanaman herbal lain di nilai dapat membantu proses masalah pada pencernaan.

Meredakan dampak penyakit kronis

Tanaman rempah ini mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan. Antioksidan ini dapat berfungsi sebagai pelindung sel-sel tubuh dari tadikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan.

Selain itu pada kapulaga terdapat kandungan senyawa antiinflamasi yang bermanfaat untuk melawan peradangan.

Baca Juga: Inilah Manfaat Madu yang Jarang Diketahui

Mengatasi darah tinggi

Kerap dijadikan obat herbal, tanaman ini dikenal mampu mengobati hipertensi. Dan hasil penelitianpun mengatakan bahwa kapulaga kaya akan senyawa antioksidan yang berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi.

Akhir Kata

Itulah beberapa manfaat dari sekian banyaknya manfaat kapulaga untuk kesehatan tubuh. Dan semoga informaso yanh telah di sampaikan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.