Pendidikan

Random Routing dan Adaptive Routing

Random Routing dan Adaptive Routing

Random Routing dan Adaptive Routing

Random Routing dan Adaptive Routing

Prinsip utama dari teknik ini adalah

sebuah node memiliki hanya satu jalur keluaran untuk menyalurkan paket yang datang kepadanya. Pemilihan terhadap sebuah jalur keluaran bersifat acak. Apabila link yang akan dipilih memiliki bobot yang sama, maka bisa dilakukan dengan pendekatan seperti teknik round-robin.
Routing ini adalah mencari probabilitas untuk tiap-tiap outgoing link dan memilih link berdasar nilai probabilitasnya. Probabilitas bisa dicari berdasarkan data rate, dalam kasus ini didefisinikan sebagai
Di mana :
Pi = probabilitas pemilihan i
Rj = data rate pada link j

 

Penjumlahan dilakukan untuk keseluruhan link outgoing. Skema seperti ini memungkinkan distribusi lalulintas yang baik. Seperti teknik flooding, Random routing tidak memerlukan informasi jaringan, karena rute akan dipilih dengan cara random.
Adaptive Routing
Strategi routing yang sudah dibahas dimuka, tidak mempunyai reaksi terhadap perubanhan kondisi yang terjadi di dalam suatu jaringan. Untuk itu pendekatan dengan strategi adaptif mempunyai kemapuan yang lebih dibandingkan dengan beberapa hal di muka. Dua hal yang penting yang menguntungkan adalah :
– Strategi routing adaptif dapat meningkatkan performance seperti apa yang keinginan user
– Strategi adaptif dapat membantu kendali lalulintas.
Akan tetapi, strategi ini dapat menimbulkan beberapa akibat, misalnya :
– Proses pengambilan keputusan untuk menetapkan rute menjadi sangat rumit akibatnya beban pemrosesan pada jaringan meningkat.
– Pada kebanyakan kasu, strategi adaptif tergantung pada informasi status yang dikumpulkan pada satu tempat tetapi digunakan di tempat lain. Akibatnya beban lalu lintas meningkat
– Strategi adaptif bisa memunculkan masalah seperti kemacetan apabila reaksi yang terjadi terlampau cepat, atau menjadi tidak relevan apabila reaksi sangat lambat.
Kategori Strategi Adaptif dapat dibagi menjadi :
– Isolated adaptive : informasi lokal, kendali terdistribusi
– Distributed Adaptive : informasi dari node yang berdekatan, kendali terdistribusi
– Centralized Adaptive : informasi dari selluruh node, kendali terpusat

Similar Posts