Umum

Rasuna Said selama masa pendudukan Belanda hingga Jepang aktif berkecimpung dalam beberapa organisasi

PERAN HAJJAH RANGKAYO RASUNA SAID

 

A. Peran Rasuna Said di bidang Organisasi

Rasuna Said selama masa pendudukan Belanda hingga Jepang aktif berkecimpung dalam beberapa organisasi. Rasuna Said mengawali karir politiknya pada tahun 1926 dengan bergabung dalam Sarekat Rakyat.18 Sarekat Rakyat waktu itu memang banyak menarik minat kalangan muda Minang. Rasuna Said saat itu duduk dalam kepengurusan sebagai penulis atau disebut sekretaris, cabang Maninjau.
Rasuna Said memiliki minat dan pengetahuan yang tinggi akan dunia politik. Rasuna Said memilih masuk organisasi Persatuan Muslimin Indonesia (PMI atau Permi) pada tahun 1930.20 Permi didirikan oleh perhimpunan “Sumatra Thawalib” atau murid-murid Sumatera dibawah naungan Sekolah Thawalib. Rasuna Said dengan demikian menjadi anggota dari dua organisasi yang berbeda yaitu Sarekat Rakyat dan Permi. Ia dikenai peraturan disiplin partai karena menjadi anggota diluar Sarekat Rakyat. Ia pun harus memilih salah satu, kemudian diputuskan bahwa ia tetap menjadi anggota Permi, dengan kata lain keluar dari PSII.
Permi mengadakan rapat umum di Payakumbuh pada 19 November 1832. Disana ia berpidato dengan terus terang menerangkan tindakan yang dilancarkan penjajah unutk memperbodoh dan memiskinkan bangsa Indonesia, serta menanamkan jiwa perbudakan yang menyebabkan rakyat menjadi sangat menderita, malas, dan tidak bertanggung jawab. Karena pidato tersebut ia dituduh telah menghasut dan mengintimidasi rakyat unutk mengadakan pemberontakan serta menanamkan rasa benci terhadap kolonialis Belanda. Rasuna Said pun dikenakan hukuman penjara selama satu tahun dua bulan di penjara Bulu, Semarang, Jawa Tengah.
Pasca keluar dari penjara dan Permi bubar, Rasuna Said pindah ke Medan. Perjuangannya kembali menyala saat Jepang mulai berkuasa. Ia kembali lagi ke Sumatera Barat dan bergabung dalam Pemuda Nippon Raya. Ia kemudian turut andil pula dalam Giyûgun atau tentara sukarela sebagai seksi wanita yang bertugas di bagian logistik.

Pos-pos Terbaru

Similar Posts