Umum

Revolusi Tunisia Tahun 2011

Soial dan Budaya Tunisa

Tunisa adalah cerminan nilai sosial dan budaya Islam yang sesungguhnya. Negara itu ditata berdasarkan fungsi sosial-budaya tanpa melupakan nilai ekonominya. Di kota Tunis misalnya, kota yang megah dan indah itu ditopang beberapa elemen penting yang membuatnya begitu kental bernuansa Islam. Elemen penting itu, antara lain: Masjid Tempat beribadah umat Islam itu berdiri di tengah-tengah kota. Masjid menjadi pusat aktivitas kegamaan dan keilmuan. Masjid tak hanya menjadi tempat untuk beribadah, namun juga menjadi pusat menimba ilmu pengetahuan. Disekitar masjid berdiri universitas dan perpustakaan.
Pusat perdagangan Di sekitar kompleks Al-Zaituna terdapat sebuah jaringan pusat perbelanjaan, seperti pasar, bazar, dan tempat belanja di pinggir jalan. Pusat perdagangan ini mencerminkan denyut perekonomian di jantung kota. Di dekat masjid terdapat penjual buku, parfum, pedagang pakaian, dan pedagang manisan buah-buahan.
Permukiman penduduk Hampir di setiap pemukiman penduduk terdapat masjid, tempat umat melaksanakan shalat lima waktu. Bangunan rumah di era itu juga sudah sangat bagus dan modelnya mengikuti bentuk istana raja.

5. Perekonomian Tunisia

Di bidang Perekonomian, Kebijakan ekonomi Tunisia adalah fokus pada memperkuat ekspor, investasi asing dan pariwisata. Komoditas ekspor utamanya adalah pakaian jadi, tekstil, produk minyak, produk makanan, bahan kimia dan fosfat. Tujuan ekspor utama Tunisia adalah Uni Eropa. Di sektor pertanian, Tunisia juga menghasilkan produk-produk pertanian seperti Zaitun, biji-bijian, tomat, jeruk, bit gula, kurma, almond, produk-produk susu dan daging sapi.
Tunisia mengalami pertumbuhan ekonomi sekitar 2,3% pada tahun 2017 dengan Pendapatan Domestik Bruto sebesar US$135,9 miliar dan Pendapat Perkapita sebesar US$12.000,-.
6. Pendidikan di Tunisia
Di Tunisia, pendidikan di bagi dalam tiga tingkatan. Tingkatan pendidikan tersebut adalah ta’lim asasi (pendidikan dasar), ta’lim tsanawi (pendidikan menengah atas), dan ta’lim ‘ali (pendidikan tinggi). Tunisia juga memiliki universitas yang cukup terkenal di dunia khususnya oleh kalangan umat Islam yaitu Universitas Zaitouna. Selain itu, terdapat pula Universitas umum milik pemerintah yaitu Universitas Tunis.

C. Revolusi Tunisia Tahun 2011
Revolusi Tunisia adalah kampanye intensif perlawanan sipil yang diakibatkan oleh tingginya tingkat pengangguran, inflasi pangan, korupsi, kurangnya kebebasan berbicara dan kebebasan politik lainnya dan kondisi hidup yang buruk. Serikat pekerja disebut-sebut sebagai bagian integral dari demonstrasi tersebut.
Katalis untuk demonstrasi massal adalah kematian Mohamed Bouazizi, seorang pedagang jalanan Tunisia berusia 26 tahun, yang membakar dirinya sendiri pada tanggal 17 Desember 2010 untuk memprotes penyitaan barang dagangannya dan penghinaan yang menimpanya oleh seorang pejabat kota. Kemarahan dan kekerasan meningkat setelah kematian Bouazizi pada tanggal 4 Januari 2011, yang akhirnya membuat Presiden Zainal Abidin bin Ali untuk mengundurkan dan melarikan diri dari negara tersebut pada tanggal 14 Januari 2011 setelah 23 tahun berkuasa.


Sumber: https://pss-sleman.co.id/

Similar Posts