Pendidikan

RUANG LINGKUP SOSIOLOGI AGAMA

RUANG LINGKUP SOSIOLOGI AGAMA

RUANG LINGKUP SOSIOLOGI AGAMA

RUANG LINGKUP SOSIOLOGI AGAMA

Setiap individu atau kelompok sosiologi

bisa mengajukan pertanyaan penelitian berikut untuk mampu memahami apa saja objek kajian sub disiplin ini. Bagaimana institusi religius dapat dibentuk dan diorganisir? Bagaimana agama dapat mempengaruhi proses perubahan sosial di lingkungan masyarakat?

Bagaimana agama mempengaruhi institusi sosial lain seperti ekonomi, budaya, pendidikan, gender dan lainnya? Bagaimana sebuah sistem keyakinan yang dianut seseorang mempengaruhi perilakunya sendiri ? Berbagai pertanyaan lain dapat diajukan selama berkaitan dengan agama baik sebagai sistem keyakinan atau pun institusi sosial.

Banyaknya pertanyaan terkait sosiologi agama yang diajukan menunjukkan bahwa sosiologi agama mempunyai ruang lingkup kajian yang cukup luas. Dari pertanyaan yang diajukan di atas, kita dapat mengidentifikasi bahwa sub disiplin sosiologi ini mengkaji relasi atau pengaruh agama kepada perubahan sosial, insitusi sosial, tindakan sosial, perilaku sosial dan sebaliknya.

Di era modern seperti saat ini, agama menjadi area diskusi yang hangat diperbincangkan. Sudut pandang mengenai sosiologi tak jarang ikut berkontribusi dalam menangkap serta mengulas fenomena modern yang erat dengan isu-isu keagamaan secara kritis.


Sumber: https://www.reporte247.net/white-night-apk/

Similar Posts