Pendidikan

Syirkah

Syirkah

Secara bahasa, kata syirkah (perseroan) berarti mencampurkan dua bagian atau lebih sehingga tidak dapat lagi dibedakan antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya. Menurut istilah, syirkah adalah suatu akad yang dilakuakan oleh dua pihak atau lebih yang bersepakat untuk melakukan suatu usaha dengan tujuan memperoleh keuntungan.

  1. a)Rukun dan Syarat Syirkah

1)    Dua belah pihak yang berakad (‘aqidni). Syarat orang yang melakukan akad adalah harus memiliki kecakapan (ahliyah) melakukan taasarruf (pengelolaan harta).

2)    Objek akad yang disebut juga ma’qud’alaihi mencakup pekerjaan atau modal. Adapun syarat pekerjaan atau benda yang dikelola dalam syirkah harus halal dan diperbolehkan dalam agama dan pengelolaannya dapat diwakilkan.

3)    Akad atau disebut juga dengan istilah sigat. Adapun syarat sah akad harus berupa tasarruf , yaitu adanya aktivitas pengelolaan.

  1. b)Macam-macam Syirkah

1)   Syirkah ‘Inan

Syirkah ‘inan adalah syirkah antara dua pihak atau lebih yang masing-masing memberi konstribusi kerja (amal) dan modal (mal). Syirkah ini hukumnya boleh berdasarkan dalil sunah dan ijma ‘sahabat.

2)   Syirkah ‘Abdan

Syirkah ‘abdan adalah syirkah antara dua pihak atau lebih yang masing-masing, hanya memberikan konstribusi kerja (amal), tanpa konstribusi modal (amal). Kerja kerja itu dapat berupa kerja pikiran (seperti penulis naskah) ataupun kerja fisik (seperi tukang batu). Syirkah ini juga dise.but syirkah ‘amal.

3)   Syirkah Wujuh

Syrikah wujuh adalah kerja sama karena didasarkan pada kedudukan, ketokohan, atau keahlian (wujud) seseorang di tengah masyarakat. Syirkah wujuh adalah syirkah antara dua pihak yang sama-sama memberikan konstribusi kerja (amal) dengan pihak ketiga yang memberikan konstribusi modal (mal).

sumber :

https://ronzoniglutenfree.com/nitro-racing-go-apk/

Similar Posts