Teknik Membaca Scanning dan Skimming

Teknik Membaca Scanning dan Skimming

Teknik Membaca Scanning dan Skimming

Teknik Membaca Scanning dan Skimming

Pengertian Membaca

Membaca merupakan aktivitas yang penting untuk memperluas wawasan. Dengan kecepatan membaca yang tinggi, maka akan semakin cepat informasi dapat diserap oleh pembaca. Dalam bahasa Indonesia terdapat beberapa teknik membaca cepat yang sering digunakan. Teknik membaca Scanning dan Skimming, adalah dua teknik membaca cepat yang bisa digunkanan. Kedua teknik ini memiliki ciri dan kelebihan masing-masing.

1. TEKNIK MEMBACA SCANNING

Scanning disebut juga membaca memindai. Teknik ini dilakukan dengan cara membaca loncat-loncat untuk mencari kata-kata yang diinginkan. Teknik Scanning bisa diibaratkan seperti antivirus yang sedang menscan virus-virus yang ada pada komputer. Membaca scanning ini dilakukan dengan tujuan mencari informasi-informasi penting dalam sebuah bacaan.

Pada prakteknya kita bisa menggunakan teknik membaca scanning pada kegiatan membaca seperti di bawah ini :
1. Membaca untuk mencari nomor telepon
2. Membaca untuk mencari kata pada kamus
3. Membaca untuk mencari entri pada indeks
4. Membaca untuk mencari angka-angka statistik
5. Membaca untuk mencari acara televisi
6. Dan sebagainya

2. TEKNIK MEMBACA SKIMMING

Skimming atau disebut juga dengan teknik membaca layap, adalah teknik membaca dengan kecepatan tinggi untuk mencari hal-hal yang penting atau ide pokok dari suatu bacaan.
Kita menggunakan teknik membaca skimming ketika kita membaca sebuah paragraf dengan tujuan untuk mengetahui gagasan pokoknya.

Langkah-langkah yang bisa kita lakukan antara lain :

1. Memeriksa bab dan sub bab yang ada dalam buku, untuk mendapatkan gambaran umum dari isi buku.

2. Perhatikan ilustrasi yang terdapat dalam sebuah bacaan untuk mengetahui dengan cepat tema dari bacaan tersebut.

3. Baca bagian-bagian penting yang terdapat di awal dan akhir sebuah bacaan.

4. Carilah kata-kata kunci yang terdapat dalam bacaan.

5. Langkah terakhir, simpulkan gagasan yang terkandung dalam bacaan tersebut berdasarkan langkah-langkah yang telah diterapkan di atas.

Kedua teknik membaca ini bisa kita praktekkan secara terpisah maupun bersamaan. Avertebrata Kita bisa menyesuaikannya dengan situasi serta kondisi dari bacaan yang kita baca.

kecepatan membaca juga turut dipengaruhi oleh media bacaan

Selain teknik membaca di atas, kecepatan membaca juga turut dipengaruhi oleh media bacaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan membaca di layar monitor dan di kertas HVS memiliki hasil yang berbeda.

Secara umum, kecepatan rata-rata orang dewasa yang dianggap mampu membaca cepat adalah 200 Kpm pada media kertas, dan 180 kpm pada layar monitor, dengan tingkat pemahaman sebesar 70 %.