Pendidikan

Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Sebagai guru, penyajian dan penyampaian sebuah

materi pelajaran menjadi sangat penting bagi siswa didik dalam memahami isi dari pelajaran itu, akan tetapi sering dijumpai kejenuhan yang diciptakan dalam ruang kelas oleh guru akibat metode dan alat bantu yang mereka gunakan. Siswa lebih sering acuh dan cuek ketika materi yang digunakan menjenuhkan, akibatnya prosesi pengajaran hanya berjalan monoton.
Proses belajar mengajar di sekolah sering dihadapkan pada masalah jumlah waktu belajar yang relatif sedikit apabila dibandingkan dengan materi pelajaran yang sangat banyak. Materi matematika merupakan materi yang memiliki cakupan yang cukup luas. Oleh karena itu, perlu menggunakan suatu media pembelajaran yang dapat membimbing siswa untuk dapat belajar lebih giat lagi.
Pemilihan metode dan alat bantu pengajaran sangatlah diharapkan dapat meminimalisir kejenuhan siswa didik diberbagai sekolah sahingga tujuan pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa dapat terbantukan. Oleh dari itu, pemakalah menawarkan alat bantu pengajaran yang patut dicoba oleh guru-guru di sekolah dalam pengajaran baik dalam tingkat SD, SMP atau SMA. Bentuk pengajarannya pun menggunakan cara presentasi.
Salah satu alat peraga yang dapat digunakan untuk mendukung presentasi mengajar adalah computer. Adapun salah satu perangkat lunak yang dapat dipakai adalah PowerPoint yang merupakan bagian dari Microsoft Office. Dengan menggunakan software ini seseorang dapat menuangkan ide-ide cemerlangnya dalam bentuk visual yang menarik dalam waktu yang singkat.
Presentasi itu sendiri merupakan kegiatan yang penting dalam mengkomunikasikan suatu gagasan, ide dan ilmu pengetahuan kepada orang lain dengan berbagai tujuan, misalnya untuk menarik audiensi agar mereka membeli produk, menggunakan jasa atau untuk kepentingan pendidikan sesuai batasan yang ingin coba pemakalah uraikan dalam makalah ini.
Namun tak bisa disangkal pula, saat ini penggunaan Microsoft PowerPoint untuk kepentingan pembuatan dan penyajian presentasi sudah menjadi sesuatu yang lazim bagi mayoritas pengguna komputer di Indonesia. Sepertinya, hal ini juga sudah cukup banyak dilakukan oleh guru-guru atau dosen Indonesia di sekolah-sekolah dan kampus yang ruang kelasnya sudah dilengkapi komputer dan LCD projektor untuk pembuatan presentasi pembelajaran.

Meskipun presentasi dengan PowerPoint sudah lazim dilakukan oleh sejumlah pengajar atau pendidik, tetapi tidak jarang kita jumpai komputer dan LCD projektor tersebut hanya digunakan untuk menampilkan teks yang dibaca saat presentasi. Ibaratnya, gabungan perangkat tersebut hanya dimanfaatkan sebagai pengganti papan tulis belaka.


Sumber: https://blogs.uajy.ac.id/teknopendidikan/seva-mobil-bekas/

Similar Posts