TuGas Sistem Informasi Perbankan

TuGas Sistem Informasi Perbankan

TuGas Sistem Informasi Perbankan

TuGas Sistem Informasi Perbankan
TuGas Sistem Informasi Perbankan
  1. Pengertian Mobile Banking
Disingkat dengan M-Banking. Fasilitas perbankan melalui komunikasi bergerak seperti handphone. Dengan penyediaan fasilitas yang hampir sama dengan ATM kecuali mengambil uang cash. Fasilitas perbankan melalui komunikasi bergerak seperti handphone. Dengan penyediaan fasilitas yang hampir sama dengan ATM kecuali mengambil uang cash. Dengan ada nya M-Banking, pihak perbankan berusaha mempermudah akses para nasabahnya dalam melakukan transaksi. Dengan adanya layanan M-Banking,nasabah bank-bank yang telah memiliki layanan ana tentu saja tidak perlu pergi ke ATM atau kantor Bank tersebut. Hampir semua bank di Indonesia telah menyediakan fasilitas M-Bankingnya baik berupa SIMtolkit (Menu Layanan Data) maupun sms plain (sms manual) atau dikenal dengan istilah sms banking.
Selain itu istilah mobile banking adalah yang dipergunakan untuk menjelaskan aktifitas-aktifitas perbankan seperti pengecekan saldo, transaksi rekening, pembayaran, dan aktifitas lainnya yang mana aktifitas tersebut dilakukan dengan menggunakan peralatan mobile seperti handphone sebagai media transaksinya. Mobile banking menawarkan kemudahan yang luar biasa kepada nasabah bank untuk dapat melakukan transaksi-transaksi perbankan dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi hal tersebut tidak diimbangi dengan pengamanan data nasabah yang diperlukan ketika transaksi terjadi. Mobile banking membutuhkan jaringan GSM serta operator telepon seluler sebagai perantara antara nasabah dan bank. Dengan adanya perantara tersebut, data-data sensitif nasabah, semisal kode PIN, bisa diketahui oleh pihak-pihak yang memiliki akses padanya. Bisa pihak operator, bisa pula penyerang yang menyusup pada jaringan GSM. Sehingga pengamanan data mutlak diperlukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Pada Tugas Akhir ini dibuat sebuah prototipe sistem yang akan melakukan proses pengamanan pesan secara end-to-end antara pihak nasabah dan bank ketika melakukan transaksi perbankan secara mobile banking. Prototipe sistem yang diimplementasikan telah mampu memenuhi kebutuhan sebagai aplikasi pengaman data pribadi nasabah ketika melakukan transaksi pada mobile banking dengan mampu menghasilkan enkripsi pesan yang unik pada setiap transaksinya dikarenakan menggunakan Random RSA Key yang berbeda setiap kali aplikasi dijalankan.
Arti istilah SMS Banking merupakan layanan yang disediakan Bank menggunakan sarana SMS untuk melakukan transaksi keuangan dan permintaan informasi keuangan , misalnya cek saldo, mutasi rekening dan sebagainya. Keunggulan M-Banking adalah dapat di akses oleh semua pengguna handphone dengan tipe GSM. Dengan luasnya jangkauan signal GSM, layanan M-Banking tentu sangat memanjakan para nasabah. Namun Fasilitas M-Banking memiliki beberapa kelemahan diantaranya adalah akses untuk pengguna handphone CDMA, belum semua operator CDMA mempunyai layanan M-Banking.