Pendidikan

Tujuan dan Keuntungan Analisis Pasar

Tujuan dan Keuntungan Analisis Pasar

Dalam suatu analisis pasar tentunya ada keinginan atau tujuan yang ingin dicapai. Diantaranya adalah:

  1. Mengenal lingkungan pasar
  2. Mengenal tipe-tipe pasar
  3. Mengetahui karakteristik pasar
  4. Menentukan para pesaing
  5. Melaksanakan kebijakan dalam pemasaran
  6. Membuat program dalam bidang pemasaran

Setelah melakukan suatu analisis pasar, dalam rangka menggiatkan penjualan barang-barangnya perusahaan akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

  1. Perusahaan dapat meningkatkan omset penjualan barangnya
  2. Perusahaan akan memperoleh keuntungan yang diharapkan
  3. Perusahaan dapat meningkatkan produksinya
  4. Barang-barang perusahaan yang bersangkutan akan menjadi terkenal
  5. Hasil produksi perusahaan akan digemai konsumen
  6. Perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya[2]


  7. Perilaku dan Model Nasabah

Perilaku nasabah menurut Bagozzi dan Zaltman adalah tindakan, proses, dan hubungan sosial yang ditampilkan oleh individu, kelompok, dan organisasi dalam mendapatkan suatu produk sebagai suatu akibat dari pengalamannya dengan produk, pelayanan, dan sumber-sumbernya. Perilaku nasabah menurut Jonh Mowen adalah studi tentang unit pembelian dan proses pertukaran yang dilibatkan dalam mendapat, mengonsumsi, dan mengelola barang, jasa, pengalaman, dan ide.[3]

Dari pendapat beberapa ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa perilaku nasabah adalah kegiatan yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan barang atau jasa termasuk didalam proses pengambilan keputusan pada persiapan kegiatan tersebut.

Dalam perkembangan konsep pemasaran, nasabah (konsumen) telah ditempatkan sebagai sentral perhatian, maka dari itu perilaku nasabah perlu dipelajari karean mempunyai manfaat sebagai berikut (Mowen, 1995):[4]

  1. Membantu para manajer dalam pengambilan keputusan pembelian
  2. Memberi pengetahuan kepada para peneliti pemasaran dengan dasar pengetahuan analisis nasabah.
  3. Membantu nasabah dalam pembuatan keputusan pembeli yang baik.

Guna memahami perilaku nasabah, menurut Kotler 2006 menawarkan sebuah model perilaku nasabah sebagai berikut:[5]

Titik tolak memahami pembeli adalah model rangsangan –tanggapan seperti yang diperhatikan gambar di atas. Rangsangan pemasaran dan lingkungan masuk kedalam lingkungan pembeli. Karakter dan proses pengambilan keputusan pembeli menghasilkan keputusan pembeli tertentu. Tugas menejer adalah memahami apa yang terjadi dalam kesadaran pembeli antara datangnya stimulus luar dan keputusan pembeli.[6]

sumber :
https://mediakalimantan.co.id/aircraft-combat-1942-apk/

Similar Posts