Kuliner

Visi dan Misi Promosi Kesehatan

Visi dan Misi Promosi Kesehatan

Visi dan Misi Promosi KesehatanVisi dan Misi Promosi Kesehatan

Visi promosi kesehatan (khususnya di Indonesia) tidak terlepas dari visi pembangunan kesehatan di Indonesia, seperti yang tercantum dalam undang-undang keshatan RI No. 23 Tahun 1992, yakni:

“meningkatkanya kemampuan kemampuan masyarakat untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatannya, baik fisik, mental, dan sosialnya sehingga produktif secara ekonomi maupun sosial.” Dengan demikian dapat dirumuskan “masyarakat mau dan mampu memelihara dan meningkatkan kesehatannya.”

Upaya-upaya untuk mewujudkan visi promosi kesehatan disebut “misi promosi kesehatan”. Secara umum misi promosi kesehatan sekurang-kurangnya ada tiga hal, yaitu:

  • Advokat (advocate)

Kegiatan yang ditujukan untuk para pengambil keputusan dari berbagai tingkat, dan sektor terkait dengan kesehatan. Tujuan kegiatan ini adalah meyakinkan para pejabat penentu kebijakan, bahwa program kesehatan yang akan dijalnkan tersebut penting (urgen).

  • Menjembatani (mediate)

Menjambantani dalam promosi kesehatan merupakan perekat kemitraan di bidang pelayanan kesehatan. Kemitraan sangat penting karena tanpa kemitraan sektor kesehatan tidak mampu menangani masalah-masalah kesehatan yang begitu kompleks dan luas.

  • Memampukan (enable)

Promosi kesehatan memiliki misi untuk memampukan masyarakat. Hal ini berarti, baik secara langsung atau melalui tokoh-tokoh masyarakat, promosi kesehatan harus harus memberikan ketrampilan-ketrampilan kepada masyarakat agar mandiri di bidang kesehatan.\

 

Pos-pos Terbaru
Arsip

Similar Posts