Wanita Biasa Yang Menjadi Pewaris Tahta

Wanita Biasa Yang Menjadi Pewaris Tahta

Wanita Biasa Yang Menjadi Pewaris Tahta

Wanita Biasa Yang Menjadi Pewaris Tahta
Wanita Biasa Yang Menjadi Pewaris Tahta

Sebagai wanita yang berasal dari kalangan biasa, Kate Middleton mungkin tak pernah membayangkan akan menjadi penghuni kerajaan. Namun, ketika calon Raja Inggris, Pangeran William meminangnya 16 November lalu, kehidupan Kate langsung berubah 180 derajat.

Kate yang tumbuh di keluarga kelas menengah, dan putri dari seorang pramugrari British Airways, tak pernah menyangka menjadi calon menantu kerajaan Inggris. Dan, ketika hubungan diresmikan, Kate akan menjadi salah satu pewaris Kerajaan Inggris.

Menjadi wanita yang dianggap beruntung ini tak hanya dialami Kate. Sejumlah wanita dari kalangan biasa dipersunting keluarga raja dan menjadi bagian dari anggota kerajaan, seperti dikutip dari laman people.com. Siapa saja mereka?

Rania Al Yassin

Wanita asal Yordania ini kini dianggap sebagai salah satu wanita yang paling kuat di dunia. Sebelum menikah dengan Pangeran Abdullah II pada 10 Juni 1993, Ratu Rania hanyalah seorang wanita karier biasa yang bekerja di sebuah bank.

Rania sempat berpacaran dengan Pangeran Abdullah selama lima bulan sebelum menikah dan dinobatkan sebagai ratu. Kini, ibu dari empat anak ini tak hanya memiliki peran sebagai Ratu, tapi juga sebagai duta global untuk pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

Grace Kelly

Sebagai aktris yang sempat merajai film-film Hollywood era 50an, sekaligus pemenang Academy Award ini, ‘kembang’ dari Philadelphia menjadi pesohor dunia pada usia 26 tahun. Hidupnya berubah ketika ia menikah dengan Pangeran Rainier dari Monaco.

Pernikahan mewah mereka yang digelar pada 19 April 1956 seperti dalam dongeng. Dihadiri 600 tamu yang terdiri dari pejabat asing dan para bintang Hollywood membuat pernikahannya dijuluki ‘The Wedding of the Century’ oleh pers.

 

Mette-Marit Tjessem Hoiby

Pernikahannya dengan Putra Mahkota Haakon Magnus sempat ditentang oleh masyarakat Norwegia. Status ibu tunggal yang dimilikinya membuat banyak pihak tidak menyetujui Mette-Marit menjadi bagian keluarga Kerajaan Norwegia.

Namun, sang putra mahkota jatuh cinta pada pandangan pertama saat bertemu dengan Mette-Mart di sebuah konser rock Quart Festival di musim panas 1996 di Norwegia.

Sebelum menikah pada 25 Agustus 2001, Mette-Marit mengaku mengalami fase kehidupan layaknya wanita kalangan biasa. Sebagai mahasiswa paruh waktu, ia membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk menyelesaikan pendidikan SMA-nya sebelum mengambil kursus persiapan masuk universitas di Agder. Dia bahkan sempat menjadi pramusaji selama setahun di Cafe Engebret, di Oslo sebelum bertemu putra mahkota.

Masako Owada

Wanita ini rela melepaskan karier menjanjikan di Kementerian Luar Negeri Jepang untuk menikah dengan Putra Mahkota Naruhito pada 9 Juni 1993. Sejak pernikahan mereka, Putri Mahkota telah melahirkan seorang putri, Putri Aiko, namun tetap menjadi sorotan publik karena tertekan tak bisa menghasilkan ahli waris anak laki-laki.

Sarah Ferguson
Perjalanan cinta Sarah Ferguson, wanita dari kalangan biasa anak dari seorang wartawan, dengan Pangeran Andrew dimulai ketika mereka menikah pada 23 Juli 1986. Sarah pun langsung menyandang gelar bangsawan, Duchess of York.

Sayangnya, perkawinan pasangan ini kandas di tengah jalan, dan hanya berumur 10 tahun. Mereka bercerai pada 1996 setelah empat tahun berpisah. Mereka memiliki dua anak perempuan dan hubungan mereka dilaporkan tetap bersahabat setelah bercerai.

Lalla Salma

Sebagai wanita pertama yang diakui publik berhasil menaklukkan hati raja di negara Afrika, Permaisuri Putri Raja Mohammed VI telah membantu mengantar era baru bagi perempuan Muslim di abad ke-21. Wanita yang memiliki keindahan rambut warna merah ini juga memiliki sifat low profile yang disukai banyak orang di berbagai dunia. Bahkan keberhasilannya melawan kanker membuat dirinya semangat mendirikan asosiasi pencegahan kanker pertama di negaranya.

 

Letizia Ortiz Rocasolano

Sebelum menikah dengan Pangeran Felipe dari Spanyol 22 Mei 2004, Putri Letizia adalah seorang wartawan yang pernah menjalankan tugas membuat resume di Spanyol edisi Bloomberg, CNN dan sebagai anchor di TV Espanola. Tanpa disangka, ia pun menjadi Ratu Spanyol pertama yang bukan berasal dari keluarga ningrat.

Baca Juga :