Waspada! Inilah Penyebab Terjadinya Gigi Hitam Berikut Cara Mencegahnya

Waspada! Inilah Penyebab Terjadinya Gigi Hitam Berikut Cara Mencegahnya

Apotekpurwosarifarma.co.idGigi hitam merupakan salah satu tanda adanya masalah pada gigi dan mulut kita, dan ini tidak boleh diabaikan. Yuk, kenali penyebab serta bagaimana cara mencegahnya agar kesehatan mulut dan gigi kita terjaga.

Gigi yang sehat biasanya berwarna putih gading, warna ini berasal dari kalsium lapisan enamel, Lapisan ini berfungsi sebagai pelindung gigi.

Lapisan enamel dapat menipis dan rusak seiring waktu inilah yang menyebabkan gigi tampak lebih gelap atau hitam.

Gigi hitam juga bisa terjadi karena faktor-faktor tertentu, mulai dari kebiasaan buruk hingga penyakit atau kondisi medis tertentu.

Apa Itu Gigi Hitam?

Kondisi gigi hitam adalah gejala penyakit yang berada di bawah gusi. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, warna gigi berasal dari jumlah kalsium yang terkandung di dalamnya.

Baca juga : Wajib Tahu! Berikut Daftar Penyakit yang Ditanggung BPJS

Namun seiring bertambahnya usia, lapisan email tersebut menipis dan dentin terbuka, inilah yang menyebabkan gigi tampak lebih gelap atau hitam.

Penyebab Gigi Hitam

Untuk merawat kesehatan gigi dan mulut kita, ada baiknya jika kita mengenali penyebab terjadinya gigi hitam itu sendiri. Dibawah ini beberapa faktor penyebab gigi hitam yang mungkin tidak kita sadari sebelumnya.

1. Konsumsi makanan dan minuman tertentu

Kebiasaan minum kopi atau teh dapat membuat warna gigi berubah menjadi kehitaman lho. Ini dikarenakan minuman tersebut mengandung zat berwarna gelap.

Yang jika terus-menerus mengenai gigi akan meninggalkan noda pada gigi. Selain kopi dan teh, noda pada gigi juga bisa timbul akibat kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dan bersoda.

2. Kebiasaan merokok

Selain noda dari makanan dan minuman, gigi hitam juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok. Kandungan nikotin dan tar dapat meninggalkan noda pada enamel gigi.

3. Efek samping obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan dapat mengubah warna gigi dan gusi menjadi hitam. Adapun jenis obat-obatan tersebut meliputi:

  • Obat antibiotik, termasuk tetracycline dan doxycycline
  • Antihistamin
  • Antipsikotik
  • Hipertensi

4. Pulpa nekrotik

Pulp necrosis atau pulpa nekrotik merupakan kondisi matinya pulpa gigi. Pulpa merupakan lapisan paling dalam gigi yang terdiri atas saraf dan pembuluh darah. Jika Pulpa mati, gigi akan terlihat abu-abu atau kehitaman.

5. Gigi Berlubang

Gigi hitam bisa terjadi karena terdapat kerusakan dari dalam. Penyebab paling umum dari gigi hitam dalam kasus ini adalah pembusukan atau gigi berlubang.

6. Kebersihan Mulut yang Buruk

Dikutip dari laman The Dental Centre, kebersihan mulut yang buruk bisa menjadi penyebab terjadinya gigi hitam. Penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara baik. 

7. Penyebab lainnya

Selain penyebab diatas, gigi hitam juga bisa disebabkan oleh:

Baca juga : Manfaat Minum Jus Lidah Buaya Untuk Kesehatan

  • Tambalan gigi dan pemasangan crown gigi (mahkota gigi palsu)
  • Gigi yang kotor sehingga muncul plak dan karang gigi
  • Kemoterapi dan terapi radiasi di bagian kepala dan leher

Cara Mencegah Gigi Hitam

Masalah gigi hitam biasanya membutuhkan penanganan medis oleh dokter gigi. Penanganan yang dilakukan akan disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahannya.

Namun meski begitu, ada cara untuk mencegah gigi hitam ini. Berikut cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan merawat kesehatan gigi dan gusi.

  • Tidak merokok atau mengurangi kebiasaan merokok
  • Menghindari konsumsi makanan manis
  • Rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali
  • Rutin menyikat gigi 2 kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Kesimpulan

Demikian informasi seputar Penyebab Terjadinya Gigi Hitam Berikut Cara Mencegahnya, Semoga informasi mengenai gigi hitam ini semakin memperkaya informasi kesehatan seputar gigi dan mulut kalian.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *